07 January 2021 07:34 WIB

Apa Arti Check Engine Light Pada Mobil Hyundai?

Ketika menyalakan mobil, akan muncul berbagai lampu yang memiliki arti tersendiri. Lampu ini sendiri akan mati ketika mobil sudah menyala karena tujuan utama lampu tersebut menyala adalah memastikan lampu tersebut menyala dan sistem mobil juga melakukan pengecekan saat mesin hendak dinyalakan.

Salah satu lampu tersebut adalah check engine light yang membentuk siluet mesin berwarna kuning. Apakah arti lampu ini?

Lampu ini menandakan adanya malfungsi pada mesin mobil. Komputer mesin akan mendeteksi adanya suatu masalah yang membuat kinerja mobil tidak optimal. Misalnya, ada kerusakan suatu sensor yang membuat komputer tidak bisa membaca mobil secara benar dan membuat mesin kehilangan tenaga dan menjadi boros bahan bakar.

Untuk mengetahui apa yang menjadi masalah, diperlukan alat bernama OBD Reader yang bisa membaca masalah yang ada serta mengarahkan kepada masalah tersebut. Sehingga, tidak perlu susah-susah untuk mengecek seluruh komponen mesin satu per satu, apalagi mobil seperti Hyundai Kona memiliki beragam sensor dan komponen agar bisa bekerja dengan optimal.

Selain itu, lampu ini juga seringkali muncul bukan karena kerusakan komponen. Bisa saja hanya sensor yang kotor sehingga mengalami kesulitan membaca situasi. Untuk itu, bila lampu ini menyala janganlah panik dan bawalahmobil ke bengkel resmi Hyundai untuk perbaikan yang tepat.

 

Share